S2 Magister Ilmu Komunikasi Univeritas Jayabaya

bannerps2gif
Dibawah ini programmagister.com menyampaikan tentang S2 Magister Ilmu Komunikasi Univeritas Jayabaya sebagai berikut:

Program Pascasarjana Universitas Jayabaya didirikan sejak tahun 1993 dan baru secara resmi menjalankan kegiatan akademik pada tahun 1994. Program pasca sarjana merupakan unit dibawah Universitas Jayabaya yang bertanggung jawab kepada rektor Universitas Jayabaya.Program pascasarjana untuk pertama kalinya melaksanakan wisuda pada tahun 1996 sampai dengan tahun 2003, jumlah alumni mencapai 300 orang. Beberapa alumni program Pascasarjana sedang dan telah mengikuti pendidikan Strata 3 (Doktor) di Universitas Indonesia, Universitas Negeri Jakarta, Universitas padjajaran Bandung dan juga Universitas Jayabaya sendiri.Program Studi yang ditawarkan pada awalnya terdiri dari tiga program studi yaitu Magister Manajemen, Magister Ilmu Hubungan Internasional dan Magister Ilmu Hukum.Tercatat beberapa nama intelektual kaliber nasional yang memimpin program pasca sarajana Universitas Jayabaya seperti Prof. Dr. Yusril Ihza Mahendra, Dr. Indria Samego dll.


Seiring dengan terbatasnya waktu orang untuk mendalami studi,maka Universitas Jayabaya melalui program pasca sarjana membuka program kelas eksekutif bagi pegawai negeri, swasta maupun individu yang memerlukan pendidikan tingkat magsiter tanpa harus mengganggu jam kerja (Kuliah Hanya Hari Sabtu) yang disebut dengan Kelas Eksekutif untuk Magister Manajemen.


Setelah diakui sebagai penyelenggara program pasca sarjana yang mendapat akreditasi Unggulan untuk magister ilmu hukum maka Program Doktor Ilmu Hukum telah mendapat Ijin Penyelenggaraan dari Dirjen DIKTI nomor : 937/D/T/2002 tanggal 15 Mei 2002. Program ini bertujuan untuk menghasilkan lulusan yang berjiwa Pancasila dan memiliki integritas ilmiah serta berwawasan global; mempunyai kemampuan yang tinggi dalam bidang penelitian ilmiah; mampu mengembangkan kemampuan ilmiah secara mandiri; mampu memberikan sumbangan untuk pengembangan ilmu pengetahuan, terutama dalam bidang Hukum; mampu mempergunakan pengetahuan dan keterampilan alam bidang Ilmu Hukum untuk mencari solusi secara akademik dalam persoalan-persoalan yang ada dalam masyarakat yang kompleks dengan pendekatan interdisipliner

SISTEM PENDIDIKAN DAN PROSES BELAJAR MENGAJAR
Penyelenggaraan pendidikan dan proses belajar mengajar pada Program studi Magister Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Universitas Jayabaya dibagi dalam 2(dua) tahap, yaitu :


1. Tahap pertama : Matrikulasi berlangsung selama 2(dua) minggu bagi calon mahasiswa yang tidak mempunyai latar belakang ekonomi (S-1) non komunikasi.

2. Tahap Kedua : Perkuliahan selama 4 (empat) semester
Sistem proses belajar mengajar dirancang sedemikian rupa sehingga terjadi perpaduan antara ceramah, diskusi kelompok, presentasi, penelitian, dan pembahasan kasus serta cara belajar lainnya yang menekankan partisipasi aktif peserta Program Magister Ilmu Komunikasi.

MASA STUDI
Masa studi Magister Ilmu Komunikasi minimal 18 bulan (3 Semester) maksimal 10 Semester, semester 1 dan2 adalah teori sekaligus dilanjutkan dengan penulisan tesis (Tugas Akhir)

KONSENTRASI
Program Magister Ilmu Komunikasi memiliki 4 (Empat) konsentrasi, yaitu :
1. Manajemen Media
2. Komunikasi Promosi dan Pemasaran
3. Komunikasi Korporasi
4. Manajemen Komunikasi Politik
V. SISTEM EVALUASI
Untuk mengukur tingkat keberhasilan Atas tercapainya tujuan program Studi Magister Ilmu Komunikasi, dilakukan evaluasi penyelenggaraan program studi dengan sistem yang terbagi dalam :
    1. Evaluasi tahap awal
      a. Evaluasi untuk melihat relevansi antara latar belakang pendidikan calon peserta dengan program studi dan konsentrasi yang akan dipilih.
      b. Evaluasi terhadap kemampuan dasar pengetahuan komunikasi calon peserta melalui kegiatan matrikulasi.

    2. Evaluasi Setiap Semester, meliputi :
      a. Kehadiran minimal 70 persen
      b. Partisipasi dikelas
      c. Tugas
      d. Mid Test
      e. Final Test
    3. Evaluasi Tahap Akhir, yaitu pembuatan Tesis

GELAR AKADEMIK
Peserta pendidikan Program Studi Magister Ilmu Komunikasi Program Pascasarjana Universitas Jayabaya yang telah menyelesaikan seluruh beban studinya (Minimum 42 SKS) dan dinyatakan lulus oleh program pascasarjana Universitas Jayabaya akan mendapatkan gelar Magister Komunikasi (M. Kom).

 

KURIKULUM
Setiap mahasiswa akan mendapatkan gelar akademik Magister Komunikasi (M. Kom) apabila telah menamatkan minimal 48 SKS dengan distribusi mata kuliah seperti dibawah ini :

Matrikulasi
1. Pengantar Ilmu Komunikasi oleh Prof. Deddy Mulyana , MA, PhD.
2. Filsafat Komunikasi Oleh Prof. Dr. Ninan Winangsih Syam, M.Si
3. Psikologi Komunikasi oleh Dr. Lely Arrianie, M.Si

Semester I
1. Perspektif Teori Komunikasi
2. Metode Penelitian Komunikasi (Kuantitatif)
3. Sosiologi Media dan Komunikasi
4. Ekonomi Politik Media
5. Metode Penelitian Komunikasi (Kualitatif)

Semester II
1. Komunikasi Antar Budaya
2. Komunikasi Bisnis
3. Komunikasi Organisasi
4. Manajemen Informasi Publik
5. Etika Komunikasi & Budaya PolitikSemester III
(Peminatan Media dan Komunikasi Bisnis)

1. Integrated Marketing Communication (IMC)
2. Promosi dan event Management

(Peminatan Komunikasi Politik)
1. Persuasi dan Negoisasi Politik
2. Komunikasi Pemasaran Politik

Semester IV
Seminar
Tesis

Demikianlah artikel mengenai S2 Magister Ilmu Komunikasi Univeritas Jayabaya Semoga Bermanfaat Bagi Anda.
, , , , ,

Be the first to comment

Leave a Reply

Your email address will not be published.


*